Daun Tomat Menguning: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tomat adalah salah satu tanaman hortikultura yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Tomat memiliki banyak manfaat, baik sebagai bahan makanan maupun obat. Namun, dalam proses budidaya tomat, seringkali dihadapi masalah daun tomat yang menguning. Hal ini dapat mengganggu pertumbuhan dan produktivitas tanaman tomat. Lalu, apa penyebab penyakit daun ini dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya.

Daun Tomat Menguning: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Daun Tomat Menguning

Penyebab dari penyakit tanaman tomat ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Sebelum lanjut, penting untuk kamu mengetahui harga tomat hari ini yang sudah kami publikasikan. Silahkan disimak, berikut ini.

Serangan Jamur

Jamur adalah salah satu penyebab umum daun tomat menguning. Jamur dapat menyerang daun tomat dan menyebabkan penyakit busuk daun, layu fusarium, atau bercak daun. Gejala penyakit jamur pada daun tomat adalah adanya bintik-bintik berwarna coklat, hitam, atau abu-abu yang semakin membesar dan menyebabkan daun menguning dan mengering. Penyakit jamur biasanya menyerang daun tomat yang lembab, kurang cahaya, atau terlalu rapat.

Serangan Virus

Virus juga dapat menyebabkan daun tomat menguning. Virus dapat menular melalui hama, alat, atau tanaman lain yang terinfeksi. Gejala penyakit virus pada daun tomat adalah adanya pola mosaik, bintik-bintik kuning, atau garis-garis kuning pada daun. Virus juga dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman tomat menjadi kerdil, bunga rontok, atau buah cacat. Penyakit virus sulit diobati dan biasanya mengakibatkan kematian tanaman.

Serangan Hama

Hama adalah makhluk hidup yang dapat merusak tanaman tomat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hama yang dapat menyebabkan daun tomat menguning antara lain kutu daun, thrips, tungau, laba-laba, kumbang kutu, lalat putih, dan ulat tanduk. Hama-hama ini dapat menghisap cairan atau menggigit jaringan daun tomat, sehingga menyebabkan daun menguning, mengering, atau berlubang. Hama juga dapat menularkan virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit pada tanaman tomat.

Kekurangan atau Kelebihan Air

Air adalah salah satu faktor penting dalam pertumbuhan tanaman tomat. Namun, pemberian air yang tidak tepat dapat menyebabkan daun tomat menguning. Jika tanaman tomat kekurangan air, daun akan menguning dan layu karena tidak mendapatkan asupan air yang cukup. Jika tanaman tomat kelebihan air, daun akan menguning dan busuk karena tergenang air yang menyebabkan akar busuk dan terhambat penyerapan hara. Oleh karena itu, pemberian air harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman, jenis tanah, dan cuaca.

Kekurangan Nutrisi

Nutrisi adalah zat-zat yang dibutuhkan tanaman tomat untuk tumbuh dan berproduksi. Tanaman tomat membutuhkan nutrisi makro seperti nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, dan sulfur, serta nutrisi mikro seperti besi, mangan, seng, tembaga, boron, dan molibdenum. Jika tanaman tomat kekurangan nutrisi, daun akan menguning dan pertumbuhan akan terhambat. Kekurangan nutrisi dapat disebabkan oleh tanah yang miskin hara, penggunaan pupuk yang tidak sesuai, atau persaingan dengan gulma.

Cara Mengatasi Daun Tomat Menguning

Daun tomat yang menguning dapat diatasi dengan berbagai cara, tergantung pada penyebabnya. Penting untuk kamu baca terkait penyakit yang sering terjadi pada tanaman tomat, silahkan Anda simak ulasannya. Berikut beberapa cara mengatasinya:

Mengendalikan Jamur

Untuk mengendalikan jamur yang menyebabkan penyakit daun ini, dapat dilakukan dengan cara:

  • Menyemprotkan fungisida yang mengandung bahan aktif chlorothalonil, mankozeb, atau tembaga.
  • Menjaga kebersihan lahan dan alat bercocok tanam.
  • Menanam varietas tomat yang tahan terhadap penyakit jamur.
  • Menjaga jarak tanam yang sesuai agar sirkulasi udara baik.
  • Memangkas daun yang terinfeksi atau berlebihan.

Mengendalikan Virus

Untuk mengendalikan virus yang menyebabkan daun tomat menguning, dapat dilakukan dengan cara:

  • Menyemprotkan insektisida yang dapat membunuh hama penular virus, seperti kutu daun, thrips, atau kutu kebul.
  • Menggunakan alat bercocok tanam yang bersih dan steril.
  • Menanam varietas tomat yang tahan terhadap penyakit virus.
  • Membuang tanaman yang terinfeksi virus dan tidak menggunakan sebagai pupuk kompos.

Mengendalikan Hama

Untuk mengendalikan hama yang menyebabkan penyakit daun ini, dapat dilakukan dengan cara:

  • Menyemprotkan insektisida yang sesuai dengan jenis hama, seperti imidakloprid, abamektin, atau piretroid.
  • Menggunakan perangkap, jebakan, atau pengusir hama alami, seperti tanaman bawang putih, serai, atau marigold.
  • Menanam varietas tomat yang tahan terhadap hama.
  • Mengambil hama yang lebih besar dengan tangan atau alat mekanis.

Menyiram Air yang Tepat

Untuk menyiram air yang tepat pada tanaman tomat, dapat dilakukan dengan cara:

  • Menyiram air dari bagian pangkal batang dan menjaga daun tidak tersiram air.
  • Menyiram air pada pagi hari agar tanaman tidak stres dan air tidak menguap terlalu cepat.
  • Menyiram air sesuai dengan kebutuhan tanaman, jenis tanah, dan cuaca. Biasanya, tanaman tomat membutuhkan 2-3 liter air per tanaman per hari.
  • Menyiram air secara merata dan tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  • Menyiram air dengan menggunakan alat yang dapat mengatur debit air, seperti selang, sprinkler, atau tetes.

Memberikan Nutrisi yang Cukup

Untuk memberikan nutrisi yang cukup pada tanaman tomat, dapat dilakukan dengan cara:

  • Memberikan pupuk organik, seperti kompos, pupuk kandang, atau pupuk hijau, sebelum menanam tomat.
  • Memberikan pupuk anorganik, seperti urea, SP-36, KCl, atau NPK, sesuai dengan dosis dan waktu yang tepat. Biasanya, tanaman tomat membutuhkan pupuk anorganik sebanyak 100-150 kg/ha untuk nitrogen, 50-100 kg/ha untuk fosfor, dan 100-150 kg/ha untuk kalium.
  • Memberikan pupuk daun, seperti ZA, gandasil, atau hormon, untuk meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas tanaman tomat.
  • Memberikan pupuk mikro, seperti besi, mangan, seng, tembaga, boron, atau molibdenum, jika tanaman tomat menunjukkan gejala kekurangan nutrisi mikro.
  • Membersihkan gulma yang dapat mengganggu penyerapan hara oleh tanaman tomat.

Kesimpulan

Demikian artikel tentang daun tomat menguning, penyebab dan cara mengatasinya. Untuk kamu yang ingin memulai bercocok tanam tomat, penting untuk mempelajari cara menanam tomat yang baik dan benar yang sudah kami publikasikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment