Harga Gambas Hari Ini Naik Menyusul Langkanya Stok di Pasaran

Harga gambas atau oyong di pasaran mengalami kenaikan yang cukup signifikan akibat langkanya stok sayuran ini. Menurut data dari HargaBulanIni.com, harga gambas per kilogram yang sebelumnya Rp 2.500 per kg menjadi Rp 3.400 per kg. Kenaikan ini disebabkan oleh bersamaannya musim tanam padi yang mengurangi lahan untuk menanam gambas.

Harga Gambas Hari Ini Naik Menyusul Langkanya Stok di Pasaran

Gambas adalah salah satu sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tanaman gambas memiliki nama latin Luffa Cylindrica dan sering juga dikenal dengan nama ceme atau petola. Sayuran ini memiliki buah bersiku-siku memanjang dengan kulit yang keras dan daging yang lunak dan halus. Selain itu, gambas biasanya diolah sebagai sayur, baik direbus, ditumis, maupun dijadikan bahan campuran untuk masakan lainnya.

Selain rasanya yang lezat, gambas juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Gambas dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah, menyembuhkan radang usus, asma, meningkatkan air susu ibu (ASI), mencegah pilek, meredakan radang sendi, nyeri otot, serta menormalkan siklus menstruasi. Sayuran gambas ini juga kaya akan serat, vitamin C, kalsium, zat besi, dan antioksidan.

Namun, tidak hanya sebagai sayur, gambas juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk kebersihan dan kecantikan. Gambas kering atau loofah bisa digunakan sebagai sabut cuci piring, sikat mandi, atau spons wajah yang ramah lingkungan. Selain itu, gambas kering juga bisa membantu mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih dari permukaan kulit. Dan gambas kering juga bisa dijadikan sebagai bahan kompos setelah tidak terpakai lagi.

Di Tokopedia, Anda bisa menemukan berbagai produk yang berhubungan dengan gambas, mulai dari benih, sayur segar, hingga gambas kering. Anda juga bisa menikmati beragam pilihan pengiriman dan pembayaran, mulai dari pengiriman satu hari sampai, bebas ongkir, bayar di tempat (COD), cicilan 0% dari berbagai bank di Indonesia, hingga promo gambas untuk pengguna baru.

Sementara itu, harga beras dan gabah di petani dan penggilingan masih beterbangan. Menurut data dari CNBC Indonesia, harga beras medium di petani naik Rp 40 menjadi Rp 7.360 per kg pada 19 September 2023. Kenaikan ini dipengaruhi oleh faktor cuaca, permintaan, dan ketersediaan pasokan.

Demikian artikel berita yang saya buatkan untuk Anda tentang harga gambas hari ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi Anda. Penting bagi Anda untuk mengetahui benih gambas terbaik dan unggul, yang sudah kami publikasikan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel berita selanjutnya.

Leave a Comment