10 Tanaman Hias Paling Laris dan Populer di Tahun 2023

Tanaman hias adalah salah satu elemen dekorasi yang bisa membuat rumah Anda lebih indah, segar, dan nyaman. Selain itu, tanaman hias juga bisa memberikan manfaat kesehatan, seperti mengurangi stres, meningkatkan kualitas udara, dan menstimulasi kreativitas. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk mengoleksi dan merawat tanaman hias di rumah mereka.

Namun, tidak semua tanaman hias cocok untuk diletakkan di dalam ruangan. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti kebutuhan cahaya, air, suhu, dan nutrisi. Jika Anda ingin memilih tanaman hias yang tepat untuk rumah Anda, Anda bisa mengikuti tren tanaman hias yang sedang populer di tahun 2023 ini.

Berikut adalah 10 tanaman hias paling laris dan populer di tahun 2023, beserta cara merawatnya. Tapi sebelum lanjut, penting bagi kamu untuk mengetahui budidaya ikan hias yang mudah dan menguntungkan. Silahkan disimak!

10 Tanaman Hias Paling Laris dan Populer di Tahun 2023

1. Philodendron Micans

Philodendron Micans adalah salah satu spesies dari tanaman Philodendron yang memiliki banyak varietas. Tanaman ini memiliki daun yang berwarna hijau ke arah marun, dengan tekstur yang beludru. Tanaman ini bisa tumbuh panjang dan menjuntai, sehingga cocok untuk diletakkan di rak atau pot gantung.

Cara merawat Philodendron Micans cukup mudah. Tanaman ini menyukai cahaya terang, tetapi tidak langsung. Jadi, Anda bisa meletakkannya di dekat jendela yang terhalang tirai atau kaca buram. Siram tanaman ini secara teratur, tetapi pastikan tanahnya tidak terlalu basah atau kering. Anda juga bisa menyemprotkan air pada daunnya sesekali untuk menjaga kelembapannya.

2. Opuntia Monacantha Variegata

Opuntia Monacantha Variegata adalah salah satu jenis kaktus yang memiliki bentuk yang unik dan menarik. Tanaman ini memiliki tunas yang berwarna hijau muda, dengan bintil-bintil merah yang menyerupai bunga. Tanaman ini juga bisa menghasilkan bunga berwarna kuning atau oranye jika mendapatkan cukup cahaya.

Cara merawat Opuntia Monacantha Variegata juga tidak sulit. Tanaman ini tahan terhadap kondisi kering, sehingga tidak perlu disiram terlalu sering. Cukup siram tanaman ini saat tanahnya benar-benar kering, dan pastikan drainasenya baik. Tanaman ini juga membutuhkan cahaya yang cukup, jadi letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau tidak langsung.

3. Monstera

Monstera adalah tanaman hias yang sudah populer sejak tahun 2020, dan masih menjadi favorit banyak orang hingga sekarang. Tanaman ini memiliki daun yang besar, berwarna hijau tua, dan berlubang-lubang. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi dan lebar, sehingga cocok untuk diletakkan di sudut ruangan yang luas.

Cara merawat Monstera juga tidak terlalu rumit. Tanaman ini menyukai cahaya terang, tetapi tidak langsung. Jadi, Anda bisa meletakkannya di dekat jendela yang terhalang tirai atau kaca buram. Siram tanaman ini secara teratur, tetapi pastikan tanahnya tidak terlalu basah atau kering. Anda juga bisa menyemprotkan air pada daunnya sesekali untuk menjaga kelembapannya. Jika tanaman ini sudah terlalu besar, Anda bisa memangkasnya atau memindahkannya ke pot yang lebih besar.

4. Hoya

Hoya adalah tanaman hias yang berasal dari Asia Timur, yang memiliki banyak spesies dan varietas. Tanaman ini memiliki daun yang berkilau, seperti dilapisi lilin, dan bunga yang berbentuk bintang, berwarna putih, merah, atau pink. Tanaman ini bisa tumbuh panjang dan menjuntai, sehingga cocok untuk diletakkan di rak atau pot gantung.

Cara merawat Hoya juga tidak sulit. Tanaman ini menyukai cahaya terang, tetapi tidak langsung. Jadi, Anda bisa meletakkannya di dekat jendela yang terhalang tirai atau kaca buram. Siram tanaman ini secara teratur, tetapi pastikan tanahnya tidak terlalu basah atau kering. Anda juga bisa menyemprotkan air pada daunnya sesekali untuk menjaga kelembapannya. Jika Anda ingin tanaman ini berbunga, Anda bisa memberikan pupuk khusus bunga secara berkala.

5. Epiphyllum Chrysocardium

Epiphyllum Chrysocardium adalah tanaman hias yang masuk ke dalam keluarga kaktus, yang memiliki bentuk yang panjang, melengkung, dan pipih. Tanaman ini bisa menghasilkan bunga besar berwarna putih, dengan benang sari emas, yang hanya mekar pada malam hari. Tanaman ini bisa tumbuh panjang dan menjuntai, sehingga cocok untuk diletakkan di rak atau pot gantung.

Cara merawat Epiphyllum Chrysocardium juga tidak sulit. Tanaman ini menyukai cahaya terang, tetapi tidak langsung. Jadi, Anda bisa meletakkannya di dekat jendela yang terhalang tirai atau kaca buram. Siram tanaman ini secara teratur, tetapi pastikan tanahnya tidak terlalu basah atau kering. Anda juga bisa menyemprotkan air pada daunnya sesekali untuk menjaga kelembapannya. Jika Anda ingin tanaman ini berbunga, Anda bisa memberikan pupuk khusus bunga secara berkala.

6. Cryptanthus Red

Cryptanthus Red adalah tanaman hias yang memiliki bentuk yang seperti bintang, dan warna merah mencolok. Tanaman ini termasuk ke dalam keluarga bromeliad, yang bisa menyerap air dan nutrisi melalui daunnya. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di tempat yang memiliki cahaya rendah, sehingga cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.

Cara merawat Cryptanthus Red juga tidak sulit. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak air, tetapi perlu disemprotkan air pada daunnya secara teratur. Anda juga bisa memberikan pupuk cair yang encer pada daunnya sesekali untuk memberikan nutrisi. Tanaman ini juga tidak membutuhkan banyak cahaya, tetapi perlu diletakkan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

7. Burgundy Rubber Tree

Burgundy Rubber Tree adalah salah satu jenis pohon karet yang memiliki daun yang berwarna merah gelap, hampir hitam. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi dan lebar, sehingga cocok untuk diletakkan di sudut ruangan yang luas. Tanaman ini juga bisa berfungsi sebagai pembersih udara alami, yang bisa menyerap polutan dan menghasilkan oksigen.

Cara merawat Burgundy Rubber Tree juga tidak terlalu rumit. Tanaman ini menyukai cahaya terang, tetapi tidak langsung. Jadi, Anda bisa meletakkannya di dekat jendela yang terhalang tirai atau kaca buram. Siram tanaman ini secara teratur, tetapi pastikan tanahnya tidak terlalu basah atau kering. Anda juga bisa menyemprotkan air pada daunnya sesekali untuk menjaga kelembapannya. Jika tanaman ini sudah terlalu besar, Anda bisa memangkasnya atau memindahkannya ke pot yang lebih besar.

8. String of Pearls

String of Pearls adalah tanaman hias yang memiliki bentuk yang unik dan cantik, yang menyerupai rangkaian mutiara. Tanaman ini bisa tumbuh panjang dan menjuntai, sehingga cocok untuk diletakkan di rak atau pot gantung. Tanaman ini juga bisa menghasilkan bunga kecil berwarna putih, yang memiliki aroma yang harum.

Cara merawat String of Pearls juga tidak sulit. Tanaman ini menyukai cahaya terang, tetapi tidak langsung. Jadi, Anda bisa meletakkannya di dekat jendela yang terhalang tirai atau kaca buram. Siram tanaman ini secara jarang, hanya saat tanahnya benar-benar kering, dan pastikan drainasenya baik. Tanaman ini juga tidak membutuhkan pupuk, karena sudah mendapatkan nutrisi dari daunnya sendiri.

9. Calathea

Calathea adalah tanaman hias yang memiliki daun yang indah, dengan pola dan warna yang bervariasi. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di tempat yang memiliki cahaya rendah, sehingga cocok untuk diletakkan di dalam ruangan. Tanaman ini juga bisa bergerak, yaitu menutup dan membuka daunnya sesuai dengan siklus siang dan malam.

Cara merawat Calathea juga tidak sulit. Tanaman ini membutuhkan kelembapan yang tinggi, sehingga perlu disemprotkan air pada daunnya secara teratur. Anda juga bisa meletakkan tanaman ini di dekat humidifier atau mangkuk berisi air. Siram tanaman ini secara teratur, tetapi pastikan tanahnya tidak terlalu basah atau kering. Anda juga bisa memberikan pupuk cair yang encer pada tanahnya sesekali untuk memberikan nutrisi.

10. Pilea Peperomioides

Pilea Peperomioides adalah tanaman hias yang memiliki daun yang bulat, berwarna hijau terang, dan bertangkai panjang. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman uang, karena bentuk daunnya yang menyerupai koin. Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat, dan menghasilkan tunas baru yang bisa dipisahkan dan ditanam lagi.

Cara merawat Pilea Peperomioides juga tidak sulit. Tanaman ini menyukai cahaya terang, tetapi tidak langsung. Jadi, Anda bisa meletakkannya di dekat jendela yang terhalang tirai atau kaca buram. Siram tanaman ini secara teratur, tetapi pastikan tanahnya tidak terlalu basah atau kering. Anda juga bisa memutar pot tanaman ini secara berkala, agar daunnya tumbuh merata.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang 10 tanaman hias paling laris dan populer di tahun 2023. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk mempercantik rumah Anda dengan tanaman hias. Selamat mencoba!

Leave a Comment