7 Jenis Bibit Bayam Terbaik yang Mudah Ditanam

Bayam adalah salah satu sayuran yang populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bayam memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan antikanker. Tanaman bayam juga mudah ditanam, baik di lahan yang luas maupun dengan sistem hidroponik. Yuk cari tahu tentang bibit bayam terbaik! 

Untuk menanam bayam, tentu saja Anda membutuhkan bibit bayam yang berkualitas. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis bibit bayam terbaik yang bisa Anda pilih. Tapi sebelum lanjut, yuk baca juga terkait cara memilih benih bayam yang berkualitas, dan simak ulasannya. 

7 Jenis Bibit Bayam Terbaik yang Mudah Ditanam

1. Bibit Bayam Hijau Infarm

Jenis bibit bayam ini merupakan salah satu yang terlaris di pasaran. Bibit bayam hijau Infarm memiliki daun yang bulat dan cekung dengan warna hijau muda. Untuk bibit bayam ini cocok untuk ditanam dengan cara cabut, yaitu dengan mencabut tanaman bayam beserta akarnya saat panen. Selain itu, bibit bayam hijau Infarm bisa ditanam dengan cara disemai terlebih dahulu atau langsung ditaburkan pada media tanam. Harga bibit bayam hijau Infarm adalah sekitar Rp 9 ribu per bungkus, yang berisi kurang lebih 5000 butir biji benih bayam.

2. Bibit Bayam Hijau Maestro – Cap Panah Merah

Jenis bibit bayam ini juga cocok untuk ditanam dengan cara cabut. Bibit bayam hijau Maestro memiliki daun yang lebar dan tebal dengan warna hijau tua. Untuk bibit bayam ini tahan terhadap penyakit dan hama, serta memiliki pertumbuhan yang cepat. Dan, bibit bayam hijau Maestro bisa menghasilkan panen yang melimpah dalam waktu 25-30 hari setelah tanam. Harga bibit bayam hijau Maestro adalah sekitar Rp 10 ribu per bungkus, yang berisi 2 gram biji benih bayam.

3. Bibit Bayam Jepang Horenso – Infarm

Jenis bibit bayam ini berasal dari Jepang dan memiliki nama lain spinach. Bibit bayam Jepang Horenso memiliki daun yang oval dan runcing dengan warna hijau gelap. Untuk bibit bayam ini cocok untuk ditanam dengan cara petik, yaitu dengan memetik daun bayam yang sudah matang tanpa mencabut akarnya. Selain itu, bibit bayam Jepang Horenso bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi, dan bisa dipanen berkali-kali. Harga bibit bayam Jepang Horenso adalah sekitar Rp 12 ribu per bungkus, yang berisi 2 gram biji benih bayam.

4. Bibit Bayam Brazil

Jenis bibit bayam ini berasal dari Brazil dan memiliki daun yang lonjong dan bergerigi dengan warna hijau keunguan. Bibit bayam Brazil memiliki rasa yang manis dan renyah, serta kandungan antioksidan yang tinggi. Bibit bayam Brazil bisa ditanam dengan cara petik atau cabut, dan bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi. Harga bibit bayam Brazil adalah sekitar Rp 15 ribu per bungkus, yang berisi 5 gram biji benih bayam.

5. Bibit Bayam Merah Mira – Cap Panah Merah

Jenis bibit bayam ini memiliki daun yang berwarna merah keunguan dengan urat yang jelas. Bibit bayam merah Mira memiliki rasa yang sedikit pahit dan kandungan zat besi yang tinggi. Bibit bayam merah Mira bisa ditanam dengan cara petik atau cabut, dan bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi. Harga bibit bayam merah Mira adalah sekitar Rp 15 ribu per bungkus, yang berisi 5 biji benih bayam.

6. Bibit Bayam Petik Raja Daun Besar

Jenis bibit bayam ini memiliki daun yang sangat besar dan lebar dengan warna hijau tua. Bibit bayam petik raja daun besar memiliki rasa yang gurih dan kandungan vitamin C yang tinggi. Bibit bayam petik raja daun besar bisa ditanam dengan cara petik, dan bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi. Harga bibit bayam petik raja daun besar adalah sekitar Rp 15 ribu per bungkus, yang berisi 10 gram biji benih bayam.

7. Bibit Bayam Batik (Bayam Belang)

Jenis bibit bayam ini memiliki daun yang berwarna hijau dan putih bergaris-garis seperti batik. Bibit bayam batik memiliki rasa yang manis dan kandungan klorofil yang tinggi. Bibit bayam batik bisa ditanam dengan cara petik atau cabut, dan bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi. Harga bibit bayam batik adalah sekitar Rp 12 ribu per bungkus, yang berisi 5 gram biji benih bayam.

Kesimpulan

Demikianlah artikel 7 jenis bibit bayam terbaik yang bisa Anda pilih untuk menanam bayam di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menanam!

Leave a Comment