10 Jenis Anggur Tanpa Biji yang Manis dan Lezat

Anggur adalah salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat. Buah ini memiliki rasa yang manis, segar, dan berair. Selain itu, anggur juga kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang baik untuk kesehatan. Namun, ada beberapa orang yang merasa risih ketika harus memakan anggur karena harus menyisihkan bijinya yang biasanya berukuran kecil dan berjumlah banyak. Untuk itu, ada varietas jenis anggur tanpa biji yang lebih praktis dan nyaman untuk dikonsumsi.

Varietas anggur tanpa biji biasanya memiliki kata seedless setelah nama varietasnya. Dalam bahasa Inggris, seedless berarti tanpa biji. Dapatkan juga informasi terkait budidaya anggur, untuk memulai usaha Anda di tanaman ini. 

Di Indonesia, sudah banyak varietas anggur tanpa biji yang dapat tumbuh dengan subur dan memiliki rasa yang istimewa. Berikut ini adalah 10 jenis anggur tanpa biji yang bisa Anda coba.

10 Jenis Anggur Tanpa Biji yang Manis dan Lezat

1. Anggur Crimson Seedless

Anggur crimson seedless berasal dari Mesir dan memiliki warna merah yang cantik. Bentuk buahnya lonjong dengan tekstur daging yang renyah dan rasa yang manis. Anggur ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai fase pematangan, namun bisa bertahan hingga 6 bulan di dalam lemari pendingin. Untuk perawatannya, anggur ini membutuhkan jarak tanam yang ideal yaitu sekitar 3 meter, pemangkasan pucuk dan perampungan saat musim panas, dan penggunaan jenis tanah yang sesuai.

2. Anggur Autumn King Seedless

Anggur autumn king seedless memiliki warna hijau yang segar. Ukuran buahnya cenderung besar dengan tekstur daging yang renyah dan rasa yang manis. Anggur ini sangat cocok ditanam di pekarangan karena budidayanya yang cukup mudah. Usia produktif anggur ini berkisar 2-3 tahun.

3. Anggur Jupiter Seedless

Anggur jupiter seedless merupakan jenis meja yang memiliki tingkat produktivitas tinggi. Jenis anggur ini hanya membutuhkan waktu sekitar 105 hari saja dari tahap pemangkasan hingga buah siap petik. Selain tanpa biji, anggur ini juga memiliki tingkat rasa manis yang unggul dibandingkan dengan varietas anggur lainnya sehingga menjadikannya banyak digemari oleh pencinta anggur. Bentuk buahnya oval dengan warna kulit yang tampak merah keunguan ketika buah sudah matang.

4. Anggur Luchisty Seedless

Anggur luchisty seedless merupakan jenis anggur meja yang terkenal dengan tandan buahnya yang besar. Ukuran buahnya juga besar dengan warna kulit yang hijau kekuningan. Rasa buahnya manis dan beraroma. Anggur ini cocok ditanam di daerah dataran rendah hingga sedang dengan suhu 25-30 derajat Celsius.

5. Anggur Joy Seedless

Anggur joy seedless berasal dari Amerika Serikat dan memiliki warna kulit yang unik yaitu merah muda. Bentuk buahnya bulat dengan ukuran yang besar. Rasa buahnya manis dan berair. Anggur ini membutuhkan perawatan khusus seperti penyinaran matahari yang cukup, penyiraman yang teratur, dan pemupukan yang tepat.

6. Anggur Moondrop Seedless

Anggur moondrop seedless memiliki bentuk yang sangat unik yaitu panjang seperti sosis. Warna kulitnya hampir hitam dengan tekstur daging yang renyah dan rasa yang manis. Anggur ini berasal dari California dan merupakan hasil persilangan antara anggur concord dan anggur thompson seedless.

7. Anggur Velez Seedless

Anggur velez seedless merupakan jenis anggur meja yang berasal dari Spanyol. Warna kulitnya merah gelap dengan bentuk buah yang lonjong. Rasa buahnya manis dan beraroma. Anggur ini tahan terhadap hama dan penyakit serta mudah beradaptasi dengan berbagai jenis tanah.

8. Anggur Thompson Seedless

Anggur thompson seedless merupakan jenis anggur yang paling populer di dunia. Warna kulitnya hijau dengan bentuk buah yang cukup besar. Rasa buahnya manis dan berair. Anggur ini cocok untuk dijadikan kismis karena memiliki kadar gula yang tinggi. Anggur ini juga mudah ditanam dan tahan terhadap cuaca yang ekstrem.

9. Anggur Flame Seedless

Anggur flame seedless memiliki warna kulit yang merah terang dengan bentuk buah yang bulat. Rasa buahnya manis dan renyah. Anggur ini berasal dari California dan merupakan hasil persilangan antara anggur cardinal dan anggur sultanina. Anggur ini cocok untuk dikonsumsi segar atau dijadikan jus.

10. Anggur Concord

Anggur concord merupakan jenis anggur yang paling tua dan paling banyak ditanam di Amerika Serikat. Warna kulitnya ungu tua dengan bentuk buah yang bulat. Rasa buahnya sangat berani dengan aroma yang khas. Anggur ini cocok untuk dijadikan selai, sirup, atau anggur fermentasi.

Kesimpulan

Demikian artikel yang saya buat tentang 10 jenis anggur tanpa biji yang bisa Anda nikmati. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi terkait jenis bibit semangka terbaik yang patut Anda coba. Dan, nantikan juga artikel selanjunya terkait buah anggur. Terima kasih.

 

Leave a Comment