10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik dan Cara Memilihnya

Jagung adalah salah satu tanaman pangan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Selain sebagai bahan pangan, jagung juga dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan bahan baku industri. Untuk mendapatkan hasil panen yang optimal, Anda perlu memilih benih jagung terbaik dan berkualitas serta sesuai dengan kondisi lahan Anda.

Berikut ini kami akan memberikan informasi tentang 10 rekomendasi benih jagung terbaik yang bisa Anda pilih. Kami juga akan memberikan tips cara memilih benih jagung yang bagus dan cara menanamnya dengan baik. Simak artikel ini sampai habis dan temukan benih jagung yang cocok untuk Anda!

10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik dan Cara Memilihnya

Cara Memilih Benih Jagung Terbaik dan Bagus

Sebelum membeli benih jagung, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti jenis tanaman jagung, jumlah benih, umur pemanenan, dan potensi hasil. Berikut ini kami akan menjelaskan lebih detail tentang masing-masing poin tersebut. Sebelum masuk ke pembahasan, penting buat Anda untuk mengetahui 10 Jenis Bibit Semangka Terbaik cepat panen dan manis.

Ketahui Jenis Tanaman Jagung yang Populer di Indonesia

Ada tiga jenis tanaman jagung yang populer di Indonesia, yaitu jagung manis, jagung ketan, dan jagung mutiara. Masing-masing jenis jagung memiliki karakteristik, keunggulan, dan kegunaan yang berbeda. Berikut ini kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang ketiga jenis jagung tersebut.

Jagung Manis

Jagung manis adalah jenis jagung yang memiliki rasa manis dan tekstur lembut. Biji jagung manis berwarna kuning dan akan mengeriput ketika kering. Jenis jagung manis dapat ditanam di dataran rendah maupun tinggi, maksimal 1.500 mdpl. Namun, jagung manis yang ditanam di dataran tinggi akan memiliki umur panen yang lebih lama, hasil produksi yang lebih sedikit, dan rasa yang kurang manis daripada yang ditanam di dataran rendah.

Dan, jagung manis banyak dimanfaatkan sebagai bahan pangan, baik dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi berbagai produk, seperti popcorn, keripik, puding, salad, dan lain-lain. Serta, jagung manis juga mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Jagung Ketan

Jagung ketan adalah jenis jagung yang memiliki kandungan amilopektin yang tinggi, sehingga menjadi lengket dan pulen seperti ketan ketika direbus. Biji jagung ketan berwarna putih dan berukuran lebih kecil daripada jagung manis. Jenis jagung ketan dapat ditanam di dataran rendah hingga sedang, maksimal 1.000 mdpl.

Selain itu, jagung ketan biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pangan tradisional, seperti cenil, lupis, lemper, dan lain-lain. Dan, jagung ketan juga memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin B, dan mineral.

Jagung Mutiara

Jagung mutiara adalah jenis jagung yang memiliki biji berwarna-warni, seperti merah, kuning, hijau, ungu, dan hitam. Biji jagung mutiara berbentuk bulat dan berkilau seperti mutiara. Jenis jagung mutiara dapat ditanam di dataran rendah hingga tinggi, maksimal 1.800 mdpl.

Selain itu, jagung mutiara umumnya dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak, karena memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan serat yang tinggi. Serta, jagung mutiara juga dapat dikonsumsi sebagai bahan pangan, seperti dijadikan popcorn, sup, atau campuran nasi.

Perhitungkan Jumlah Benih yang Sebaiknya Dibeli

Jumlah benih jagung yang sebaiknya Anda beli tergantung pada luas lahan dan jarak tanam yang Anda gunakan. Secara umum, Anda dapat mengikuti rumus berikut untuk menghitung jumlah benih jagung yang dibutuhkan:

Jumlah benih jagung (kg) = Luas lahan (ha) x Jumlah tanaman per ha / Daya tumbuh benih (%)

Jumlah tanaman per ha dapat ditentukan berdasarkan jarak tanam yang Anda gunakan. Misalnya, jika Anda menggunakan jarak tanam 75 cm x 25 cm, maka jumlah tanaman per ha adalah 53.333. Daya tumbuh benih adalah persentase benih yang dapat berkecambah dengan baik. Biasanya, daya tumbuh benih jagung berkisar antara 80% hingga 95%.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki lahan seluas 1 ha dan menggunakan jarak tanam 75 cm x 25 cm, serta menggunakan benih jagung dengan daya tumbuh 90%, maka jumlah benih jagung yang dibutuhkan adalah:

Jumlah benih jagung (kg) = 1 x 53.333 / 90% = 59,26 kg

Anda dapat membeli benih jagung sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan. Biasanya, benih jagung dijual dalam kemasan berukuran 100 gram, 250 gram, 500 gram, 1 kg, 2 kg, 5 kg, dan seterusnya. Anda dapat memilih kemasan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perhatikan Umur Pemanenan dan Potensi Hasil

Umur pemanenan adalah waktu yang dibutuhkan oleh tanaman jagung untuk mencapai masa panen. Umur pemanenan jagung bervariasi, tergantung pada jenis, varietas, dan kondisi lingkungan. Secara umum, umur pemanenan jagung berkisar antara 60 hingga 120 hari setelah tanam.

Potensi hasil adalah jumlah hasil panen yang dapat dihasilkan oleh tanaman jagung per satuan luas. Potensi hasil jagung juga bervariasi, tergantung pada jenis, varietas, dan kondisi lingkungan. Secara umum, potensi hasil jagung berkisar antara 5 hingga 15 ton per ha.

Anda dapat memilih benih jagung yang memiliki umur pemanenan dan potensi hasil yang sesuai dengan tujuan dan harapan Anda. Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan hasil panen yang cepat, Anda dapat memilih benih jagung yang memiliki umur pemanenan yang pendek. Namun, jika Anda ingin mendapatkan hasil panen yang banyak, Anda dapat memilih benih jagung yang memiliki potensi hasil yang tinggi.

10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik dan Cara Memilihnya

10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik

Setelah mengetahui cara memilih benih jagung terbaik, bagus, dan berkualitas. Sekarang kami akan memberikan rekomendasi benih jagung terbaik yang bisa Anda pilih. Kami telah memilih 10 benih jagung terbaik dari berbagai jenis, varietas, dan merek. Sebelum lanjut, yuk pahami Cara Menanam Jagung, agar hasil panen maksimal.

Silakan simak ulasan kami dan temukan benih jagung yang paling cocok untuk Anda!

1. Benih Bibit Biji Super Jagung Manis

Satu, benih jagung manis ini adalah produk dari Infarm, salah satu produsen benih pertanian terkemuka di Indonesia. Benih jagung manis ini memiliki rasa yang sangat manis dan tekstur yang lembut. Bibit benih jagung manis ini juga memiliki daya tumbuh yang tinggi, yaitu sekitar 90%.

Selain itu, benih jagung manis ini dapat ditanam di dataran rendah maupun tinggi, dengan jarak tanam 75 cm x 25 cm. Umur pemanenan benih jagung manis ini adalah sekitar 75 hari setelah tanam, dengan potensi hasil sekitar 10 ton per ha. Benih jagung manis ini dijual dalam kemasan 100 gram, yang dapat menanam sekitar 133 tanaman.

2. Benih Bibit Jagung Bonanza F1

Dua, benih jagung manis ini adalah produk dari East West Seed Indonesia, salah satu perusahaan benih pertanian terbesar di dunia. Benih jagung manis ini merupakan varietas hibrida, yang merupakan hasil persilangan antara dua varietas jagung yang berbeda. Bibit benih jagung manis ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah.

Selain itu, benih jagung manis ini dapat ditanam di dataran rendah hingga sedang, dengan jarak tanam 75 cm x 20 cm. Umur pemanenan benih jagung manis ini adalah sekitar 80 hari setelah tanam, dengan potensi hasil sekitar 12 ton per ha.

3. Benih Jagung Hibrida Pioneer P27

Tiga, benih jagung hibrida ini adalah produk dari Pioneer, salah satu merek benih pertanian terkenal di dunia. Benih jagung hibrida ini merupakan varietas unggul, yang memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit. Jenis benih jagung hibrida ini juga memiliki produktivitas yang tinggi, yaitu sekitar 15 ton per ha.

Dan, benih jagung hibrida juga dapat ditanam di dataran rendah hingga tinggi, dengan jarak tanam 75 cm x 20 cm. Umur pemanenan benih jagung hibrida ini adalah sekitar 100 hari setelah tanam, dengan ukuran tongkol yang besar dan berat. Benih jagung hibrida ini dijual dalam kemasan 2 kg, yang dapat menanam sekitar 533 tanaman.

4. Benih Jagung Manis F1 Sweet Corn

Empat, benih jagung manis ini adalah produk dari Bisi International, salah satu perusahaan benih pertanian terbesar di Indonesia. Benih jagung manis ini memiliki rasa yang sangat manis dan tekstur yang empuk. Jenis benih jagung manis ini juga memiliki daya tumbuh yang baik, yaitu sekitar 85%.

Selain itu, benih jagung manis ini dapat ditanam di dataran rendah hingga sedang, dengan jarak tanam 70 cm x 25 cm. Umur pemanenan benih jagung manis ini adalah sekitar 75 hari setelah tanam, dengan potensi hasil sekitar 8 ton per ha. Benih jagung manis ini dijual dalam kemasan 100 gram, yang dapat menanam sekitar 114 tanaman.

5. Benih Jagung Hibrida Bima 19

Lima, benih jagung hibrida ini adalah produk dari PT. Pertani, salah satu perusahaan benih pertanian milik negara. Benih jagung hibrida ini merupakan varietas unggul, yang memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit, terutama bulai dan tongkol busuk. Bibit benih jagung hibrida ini juga memiliki produktivitas yang tinggi, yaitu sekitar 12 ton per ha.

Dan benih jagung hibrida ini juga dapat ditanam di dataran rendah hingga tinggi, dengan jarak tanam 75 cm x 25 cm. Umur pemanenan benih jagung hibrida ini adalah sekitar 95 hari setelah tanam, dengan ukuran tongkol yang besar dan berat. Benih jagung hibrida ini dijual dalam kemasan 2 kg, yang dapat menanam sekitar 533 tanaman.

6. Benih Jagung Hibrida NK 22

Enam, benih jagung hibrida ini adalah produk dari Syngenta, salah satu perusahaan benih pertanian terkemuka di dunia. Benih jagung hibrida ini merupakan varietas unggul, yang memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit, terutama wereng dan ulat grayak. Jenis benih jagung hibrida ini juga memiliki produktivitas yang tinggi, yaitu sekitar 14 ton per ha.

Dan, benih jagung hibrida ini dapat ditanam di dataran rendah hingga sedang, dengan jarak tanam 75 cm x 20 cm. Umur pemanenan benih jagung hibrida ini adalah sekitar 90 hari setelah tanam, dengan ukuran tongkol yang besar dan berat. Benih jagung hibrida ini dijual dalam kemasan 2 kg, yang dapat menanam sekitar 533 tanaman.

7. Benih Jagung Manis F1 Sweet King

Tujuh, benih jagung manis ini adalah produk dari Panah Merah, salah satu merek benih pertanian lokal yang berkualitas. Benih jagung manis ini memiliki rasa yang sangat manis dan tekstur yang renyah. Bibit benih jagung manis ini juga memiliki daya tumbuh yang baik, yaitu sekitar 80%.

Selain itu, benih jagung manis ini dapat ditanam di dataran rendah hingga sedang, dengan jarak tanam 70 cm x 25 cm. Umur pemanenan benih jagung manis ini adalah sekitar 80 hari setelah tanam, dengan potensi hasil sekitar 9 ton per ha. Benih jagung manis ini dijual dalam kemasan 100 gram, yang dapat menanam sekitar 114 tanaman.

8. Benih Jagung Hibrida Bisi 2

Delapan, benih jagung hibrida ini adalah produk dari Bisi International, salah satu perusahaan benih pertanian terbesar di Indonesia. Benih jagung hibrida ini merupakan varietas unggul, yang memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit, terutama bulai dan tongkol busuk. Bibit benih jagung hibrida ini juga memiliki produktivitas yang tinggi, yaitu sekitar 13 ton per ha.

Selain itu, bibit benih jagung hibrida ini dapat ditanam di dataran rendah hingga tinggi, dengan jarak tanam 75 cm x 25 cm. Umur pemanenan benih jagung hibrida ini adalah sekitar 100 hari setelah tanam, dengan ukuran tongkol yang besar dan berat. Benih jagung hibrida ini dijual dalam kemasan 2 kg, yang dapat menanam sekitar 533 tanaman.

9. Benih Jagung Manis F1 Sweet Baby

Sembilan, benih jagung manis ini adalah produk dari Known You Seed Indonesia, salah satu perusahaan benih pertanian asal Taiwan. Benih jagung manis ini memiliki rasa yang sangat manis dan tekstur yang lembut. Bibit benih jagung manis ini juga memiliki daya tumbuh yang baik, yaitu sekitar 80%.

Dan, benih jagung manis ini juga dapat ditanam di dataran rendah hingga sedang, dengan jarak tanam 70 cm x 25 cm. Umur pemanenan benih jagung manis ini adalah sekitar 75 hari setelah tanam, dengan potensi hasil sekitar 7 ton per ha. Benih jagung manis ini dijual dalam kemasan 100 gram, yang dapat menanam sekitar 114 tanaman.

10. Benih Jagung Hibrida Pertiwi 3

Terakhir, benih jagung hibrida ini adalah produk dari PT. Pertani, salah satu perusahaan benih pertanian milik negara. Dan, benih jagung hibrida ini merupakan varietas unggul, yang memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit, terutama wereng dan ulat grayak. Jenis benih jagung hibrida ini juga memiliki produktivitas yang tinggi, yaitu sekitar 14 ton per ha.

Selain itu, benih jagung hibrida ini dapat ditanam di dataran rendah hingga sedang, dengan jarak tanam 75 cm x 20 cm. Umur pemanenan benih jagung hibrida ini adalah sekitar 90 hari setelah tanam, dengan ukuran tongkol yang besar dan berat. Benih jagung hibrida ini dijual dalam kemasan 2 kg, yang dapat menanam sekitar 533 tanaman.

Kesimpulan

Demikianlah artikel terkait 10 rekomendasi benih jagung terbaik dan cara memilihnya yang kami sajikan untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih benih jagung yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lahan Anda. Selamat menanam jagung dan semoga sukses!

Leave a Comment