Ikan Hias Paling Laku dan Populer di Indonesia 2023

Ikan hias paling laku adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain karena keindahan warna dan bentuknya, ikan hias juga dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kesehatan bagi pemiliknya.

Namun, tidak semua jenis ikan hias memiliki daya tarik yang sama di pasaran. Ada beberapa jenis ikan hias yang lebih laku dan dicari oleh para penghobi dan kolektor ikan hias. Anda juga perlu mengetahui tentang cara budidaya ikan hias yang mudah dan menguntungkan pada artikel sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis ikan hias paling laku di pasaran Indonesia saat ini.

Ikan Hias Paling Laku dan Populer di Indonesia 2023

Ikan Cupang

Pertama, ikan hias paling laku adalah ikan cupang. Ikan cupang adalah ikan hias air tawar yang berasal dari Asia Tenggara. Dan, ikan cupang memiliki bentuk tubuh yang ramping dan ekor yang lebar dan berwarna-warni. Ikan ini juga dikenal sebagai ikan yang agresif dan teritorial, sehingga sering diadu (kontes) dalam pertandingan ikan cupang. Jenis ikan ini sempat menjadi ikan hias yang sangat populer di awal pandemi tahun 2020, karena mudah dipelihara dan harganya yang terjangkau.

Namun, seiring berjalannya waktu, tren ikan cupang mulai menurun dan digantikan oleh jenis ikan hias lainnya¹. Meski begitu, ikan cupang masih memiliki banyak penggemar dan komunitas yang aktif di Indonesia. Beberapa jenis ikan cupang yang paling diminati adalah veiltail, double tail, combtail, halfmoon, plakat, rosetail, dan HMPK.

Ikan Arwana

Kedua, ikan hias paling laku adalah ikan arwana. Ikan arwana adalah ikan hias air tawar yang berasal dari Asia, Amerika Selatan, dan Australia. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang panjang dan pipih, serta sisik yang mengkilap dan berwarna-warni. Serta, ikan ini juga memiliki gerakan yang lincah dan elegan, sehingga sering disebut sebagai ikan naga. Ikan ini termasuk ikan hias yang mahal dan langka, karena beberapa jenisnya dilindungi oleh undang-undang, sehingga ikan ini juga dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kesejahteraan bagi pemiliknya.

Dan, Ikan arwana juga menjadi salah satu ikan hias yang paling laku di pasaran, terutama di kalangan atas. Beberapa jenis ikan arwana yang paling dicari adalah super red, golden red, golden pine, dan banjar red.

Ikan Koi

Ketiga, ikan hias paling laku dan populer adalah ikan koi. Ikan koi adalah ikan hias air tawar yang berasal dari Jepang. Ikan koi merupakan hasil persilangan dari ikan karper yang memiliki warna dan corak yang beragam. Dan, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan ekor yang lebar. Dan, ikan koi juga memiliki makna simbolis yang tinggi di Jepang, seperti keberanian, kesetiaan, dan keindahan.

Banyak orang memelihara Ikan koi di kolam-kolam rumah mereka atau tempat-tempat publik, seperti hotel dan restoran. Ikan koi termasuk ikan hias yang stabil dan konsisten di pasaran, karena permintaannya yang selalu tinggi dan cara budidayanya yang cukup mudah. Beberapa jenis ikan koi yang paling populer adalah showa, kohaku, sanke, shiro utsuri, dan asagi.

Ikan Discus

Keempat, ikan hias paling laku dan populer adalah ikan discus. Ikan discus adalah ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Selatan, ikan discus memiliki bentuk tubuh yang bulat dan pipih, serta warna dan pola yang menarik. Dan juga, ikan ini memiliki perilaku yang tenang dan ramah, sehingga cocok untuk dipelihara di akuarium. Sehingga ikan discus ini termasuk ikan hias yang sangat populer di Asia, terutama di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Ikan discus juga memiliki nilai jual yang tinggi, karena kualitas dan kecantikannya yang tergantung dari genetik dan perawatan. Beberapa jenis ikan discus yang paling diminati adalah blue diamond, red melon, checkerboard, pigeon blood, dan leopard.

Ikan Channa

Kelima, ikan hias paling laku dan populer adalah ikan channa. Ikan channa adalah ikan hias air tawar yang berasal dari Asia, ikan channa memiliki bentuk tubuh yang panjang dan berotot, serta mulut yang besar dan bergigi. Dan juga sering dikenal sebagai ikan yang ganas dan pemangsa, sehingga sering disebut sebagai ikan buaya atau ikan toman. Menjadikan Ikan channa sebagai ikan hias yang sedang viral dan banyak dicari saat ini, karena penampilan dan karakternya yang unik dan menantang.

Ikan channa juga memiliki variasi warna dan ukuran yang beragam, tergantung dari jenis dan habitatnya. Beberapa jenis ikan channa yang paling laris di pasaran adalah channa marulioides, channa micropeltes, channa aurantimaculata, channa bleheri, dan channa gachua.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis ikan hias paling laku di pasaran Indonesia saat ini. Jika Anda tertarik untuk berbisnis dan mulai budidaya ikan, Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti modal, perawatan, pemasaran, dan persaingan. Anda juga harus selalu mengikuti perkembangan dan tren ikan hias, agar bisa menyesuaikan produk dan strategi Anda dengan kebutuhan dan selera pasar. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang ikan hias.

Leave a Comment